Layanan Rekomendasi Izin Undian Gratis Berhadiah (UGB)

Deskripsi

Permohonan Rekomendasi Izin Undian Gratis Berhadiah (UGB) ditujukan ke Instansi Penyelenggara PTSP dalam hal ini DPMPTSP Provinsi Sulawesi Selatan. Pemohon/Penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB/UGBL) diwajibkan untuk memberikan sumbangan dana UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial) sebesar 10% dari nilai total hadiah sesuai Kepmensos RI Nomor 09/PEGHUK/2002 Bab IV Pasal 19 (3). dikrirm melalui bank Negara Indonesia Cabang Kramat Jakarta An. RPL182 Dit. PPSDBS Kemensos Hibah Jln. Salemba Raya No. 28 Jakarta Nomor Rekening: 037 732 1822

A. Dasar Hukum

  1. Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 1954 tentang Undian;
  2. Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen;
  3. Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial;
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 132 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan atas Hadiah Undian;
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2007 tentang penerimaan Negara Bukan Pajak;
  7. Peraturan Menteri Sosial Nomor 13/HUK/2005 tentang Izin Undian;
  8. Keputusan Presiden RI Nomor 48 tahun 1973 tentang Penerbitan Penyelenggaraan Undian;
  9. Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 73/HUK/2002 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemberian Izin dan Penyelenggaraan Undian Gratis;
  10. Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan  Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Terpadu Satu Pintu Pada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

B. Persyaratan Pelayanan
Syarat Pengajuan Baru
1.Surat Permohonan ditujukan kepada Kepala DPMPTSP Prov. Sulsel;
2.Surat Pengantar untuk Penerbitan Rekomendasi dari Dinas Sosial Prov. Sulsel;
3.Copy Akte Pendirian / Akta Notaris;
4.Copy Anggaran Dasar;
5.Copy NIB;
6.Copy Nomor Pokok Wajib Pajak;
7.Bukti Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan;
Syarat Pengajuan Perpanjangan
A.Surat Permohonan ditujukan kepada Kepala DPMPTSP Prov. Sulsel;
B.Pengantar untuk Penerbitan Rekomendasi dari Dinas Sosial Prov. Sulsel;
C. Prosedur Pelayanan

  1. Pemohon menuju touchscreen atau Customer Services :
    1. Mencari informasi pelayanan yang dibutuhkan;
    2. Mengambil Formulir Permohonan;
  2. Petugas Loket Informasi/Customer Services:
    1. Apabila pemohon masih dalam rangka mencari informasi maka petugas informasi memberikan penjelasan tentang persyaratan dan prosedur pengajuan permohonan pelayanan;
    2. Apabila pemohon tersebut adalah pemohon yang telah siap dengan kelengkapan peryaratan pengajuan permohonan, dipersilahkan menuju ke Loket Pendaftaran;
  3. Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke Loket Pendaftaran/Desk Pelayanan dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan;
  4. Petugas Loket Pendaftaran/Desk Pelayanan :
    1. Meneliti berkas persyaratan, dan setelah persyaratan permohonan dinyatakan lengkap maka berkas diterima;
    2. Petugas pendaftaran memberikan tanda terima kepada pemohon;
    3. Menginformasikan waktu penyelesaian dan  biaya yang harus dibayar apabila dikenakan biaya pelayanan/retribusi;
  5. Tim Teknis :
    1. Menerima berkas dari loket pendaftaran/desk pelayanan yang sudah dinyatakan lengkap;
    2. Melakukan validasi terhadap berkas;
    3. Apabila berkas telah lengkap dan valid, selanjutnya diserahkan ke Kepala Seksi (korektor) untuk diproses lebih lanjut;
    4. Apabila permohonan izin dimaksud memerlukan kajian teknis, maka dibuatkan pengantar ke Kepala Seksi (korektor);
  6. Kepala Seksi (korektor):
    1. Melakukan verifikasi terhadap berkas permohonan;
    2. Membuat pengantar ke Unit Reaksi Cepat (URC) SKPD dan diserahkan ke Kepala UPT P2T (Verifikator);
    3. Memerintahkan pencetakan surat izin untuk permohonan yang telah lengkap, valid dan memenuhi persyaratan;
  7. Loket Penyerahan :

    Setelah Sub Bagian Tata Usaha menomor izin/rekomendasi menyerahkan surat izin/rekomendasi ke pemohon melalui petugas loket penyerahan, dengan meminta tanda bukti pendaftaran, bukti pembayaran retribusi dan membuat tanda terima.

 

D. Waktu Pelayanan

Jangka waktu proses berkas diterima sampai dengan izin diterbitkan selama 3 (TIGA) HARI KERJA sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

E. Biaya / Tarif

Rp 0

F. Produk Pelayanan

Rekomendasi Izin Undian Gratis Berhadiah (UGB) diterima oleh pemohon yang dicetak dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • 1 (satu) rangkap ASLI Rekomendasi Izin Undian Gratis Berhadiah (UGB);
  • Kertas ukuran F4, Tebal 80 gram;
  • Tanda tangan an. Gubernur Sulawesi Selatan selaku Administrator Perizinan dan cap stempel basah BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan;
  • Nomor Izin berdasarkan automasi penomoran Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perizinan (SIMAP) oleh BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan;
  • Tanggal Izin berdasarkan tanggal terbitnya izin;
  • Sah dimata hukum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
Biaya Izin Penyelenggaraan UGB sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 61 Tahun 2007 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (BNPB) sebagai berikut:
  • Biaya izin periode sebesar Rp. 200.000,- per kegiatan/lokasi/penarikan/periode dikirim melalui Rekening Bank BRI an. Bendahara Penerimaan Ditjen Banjamsos Jln. Salemba raya No. 28 Jakarta Nomor Rekening: 1503-01.000002.30.8
  • Biaya izin iklan per promosi mulai 0 s/d 6 bulan sebesar Rp. 100.000,- atau 6 bulan s/d 1 Tahun Rp. 200.000,- dikirim melalui Rekening Bank BRI an. Bendahara Penerimaan Ditjen Banjamsos Jln. Salemba raya No. 28 Jakarta Nomor Rekening: 1503-01.000002.30.8

G. Pengelolaan Pengaduan

  1. Pelayanan Informasi dan Pengaduan ditangani oleh dua orang Petugas;
  2. Petugas Pelayanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat memiliki kompetensi sebagai berikut :
    1. Memiliki sikap dan perilaku yang sopan dan ramah;
    2. Menguasai teknik berkomunikasi yang baik;
    3. Memiliki latar belakang pendidikan komunikasi dan psikologi;
  3. Dilengkapi sarana dan prasarana informasi pelayanan untuk setiap jenis layanan dan penerimaan pengaduan meliputi telepon/fax, Formulir Pengaduan/Buku Agenda Pengaduan, SMS Pengaduan, Pengaduan via email, rak arsip, komputer;
 

SOP Izin (PDF) Kembali

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan

Alamat : Jln. Bougenville No. 5 Makassar 90231
Fax. (0411) 448936
Telpon : (0411) 441077
Email : ptsp@sulselprov.go.id

STATISTIK PENGUNJUNG

Pengunjung Online : 3
Pengunjung hari ini : 135
Total pengunjung: 192.848