Layanan Izin Usaha Tally

Deskripsi

Permohonan Izin Usaha Perusahaan Bongkar Muat (IU-PBM) ditujukan ke Instansi Penyelenggara PTSP dalam hal ini UPT Pelayanan Perizinan Terpadu BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan. Setelah berkas syarat lengkap dan benar akan dilakukan survey atau peninjauan lapangan (visitasi) terhadap kebenaran dokumen, jenis usaha, dll oleh Tim Teknis bersama Tim URC (SKPD Terkait).

A. Dasar Hukum

 

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran;
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2010 tentang Angkutan Perairan;
  4. Keputusan Menteri Nomor 15 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Tally di Pelabuhan;
  5. Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan  Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Terpadu Satu Pintu Pada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Keputusan Gubernur Sulawesi Sulawesi Selatan Nomor: 872/IV/2014 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

B. Persyaratan Pelayanan
 1. Surat Permohonan ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Prov. Sulsel cq Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan;
 2. Foto copy KTP Pimpinan/Penanggung Jawab Perusahaan;
 3. Foto copy Akte Pendirian Perusahaan dan Perubahannya (khusus di Bidang Tally) dan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Ham;
 4. Fotocopy Nomor Induk Berusaha (NIB);
 6. Daftar Peralatan (termasuk Peralatan Teknologi Informasi yang digunakan);
 7. Memiliki Tenaga Ahli yang sesuai minimal D. III di Bidang Pelayaran/Maritim/Sertifikat Ahli Kepelabuhanan;
 9. Rekomendasi dari OP/KSOP/UPP setempat;
1.11. Memiliki Modal Usaha Rp. 500.000.000,- (Lima ratus juta rupiah) dan paling sedikit 20% dari modal dasar, harus disetorkan dengan bukti penyetoran yang sah atau diaudit oleh Kantor Akuntan Publik;
2.12. Fotocopy Rekomendasi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari Pejabat Penyelenggara BPJS setempat yang telah dilegalisir;
3.13. Persyaratan lain:
 a. Bagi perusahaan yang mendirikan Kantor Cabang, dari point-point (butir-butir) dengan Surat Penunjukan/Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Cabang dan izin usaha utama (pusat);
 b. Bagi Perusahaan yang mendaftar ulang cukup dengan fotocopy SIUP dan KTP Penanggungjawab serta membawa surat izin yang akan diregistrasi ulang;
 c. Proses Pengurusan Izin Usaha tersebut diurus oleh Direksi atau yang dikuasakan;
C. Prosedur Pelayanan

  1. Pemohon menuju touchscreen atau Customer Services :
    1. Mencari informasi pelayanan yang dibutuhkan;
    2. Mengambil Formulir Permohonan;
  2. Petugas Loket Informasi/Customer Services:
    1. Apabila pemohon masih dalam rangka mencari informasi maka petugas informasi memberikan penjelasan tentang persyaratan dan prosedur pengajuan permohonan pelayanan;
    2. Apabila pemohon tersebut adalah pemohon yang telah siap dengan kelengkapan peryaratan pengajuan permohonan, dipersilahkan menuju ke Loket Pendaftaran;
  3. Pemohon menyerahkan berkas permohonan ke Loket Pendaftaran/Desk Pelayanan dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan;
  4. Petugas Loket Pendaftaran/Desk Pelayanan :
    1. Meneliti berkas persyaratan, dan setelah persyaratan permohonan dinyatakan lengkap maka berkas diterima;
    2. Petugas pendaftaran memberikan tanda terima kepada pemohon;
    3. Menginformasikan waktu penyelesaian dan  biaya yang harus dibayar apabila dikenakan biaya pelayanan/retribusi;
  5. Tim Teknis :
    1. Menerima berkas dari loket pendaftaran/desk pelayanan yang sudah dinyatakan lengkap;
    2. Melakukan validasi terhadap berkas;
    3. Apabila berkas telah lengkap dan valid, selanjutnya diserahkan ke Kepala Seksi (korektor) untuk diproses lebih lanjut;
    4. Apabila permohonan izin dimaksud memerlukan kajian teknis, maka dibuatkan pengantar ke Kepala Seksi (korektor);
  6. Kepala Seksi (korektor):
    1. Melakukan verifikasi terhadap berkas permohonan;
    2. Membuat pengantar ke Unit Reaksi Cepat (URC) SKPD dan diserahkan ke Kepala UPT P2T (Verifikator);
    3. Memerintahkan pencetakan surat izin untuk permohonan yang telah lengkap, valid dan memenuhi persyaratan;
  7. Loket Penyerahan :

    Setelah Sub Bagian Tata Usaha menomor izin/rekomendasi menyerahkan surat izin/rekomendasi ke pemohon melalui petugas loket penyerahan, dengan meminta tanda bukti pendaftaran, bukti pembayaran retribusi dan membuat tanda terima.

D. Waktu Pelayanan

Jangka waktu proses berkas diterima sampai dengan izin diterbitkan selama 7 (TUJUH) HARI KERJA sejak tanggal diterimanya berkas permohonan secara lengkap dan benar.

E. Biaya / Tarif

Rp 0

F. Produk Pelayanan

Izin Prinsip Angkutan Sewa diterima oleh pemohon yang dicetak dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • 1 (satu) rangkap ASLI Izin Prinsip Angkutan Sewa;
  • Kertas ukuran F4, Tebal 80 gram;
  • Tanda tangan an. Gubernur Sulawesi Selatan selaku Administrator Perizinan dan cap stempel basah BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan;
  • Nomor Izin berdasarkan automasi penomoran Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perizinan (SIMAP) oleh BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan;
  • Tanggal Izin berdasarkan tanggal terbitnya izin;
  • Sah dimata hukum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

G. Pengelolaan Pengaduan

  1. Pelayanan Informasi dan Pengaduan ditangani oleh dua orang Petugas;
  2. Petugas Pelayanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat memiliki kompetensi sebagai berikut :
    1. Memiliki sikap dan perilaku yang sopan dan ramah;
    2. Menguasai teknik berkomunikasi yang baik;
    3. Memiliki latar belakang pendidikan komunikasi dan psikologi;
  3. Dilengkapi sarana dan prasarana informasi pelayanan untuk setiap jenis layanan dan penerimaan pengaduan meliputi telepon/fax, Formulir Pengaduan/Buku Agenda Pengaduan, SMS Pengaduan, Pengaduan via email, rak arsip, komputer;

SOP Izin (PDF) Kembali

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan

Alamat : Jln. Bougenville No. 5 Makassar 90231
Fax. (0411) 448936
Telpon : (0411) 441077
Email : ptsp@sulselprov.go.id

STATISTIK PENGUNJUNG

Pengunjung Online : 12
Pengunjung hari ini : 315
Total pengunjung: 195.095